BLOG TERBARU SAYA ADA DI WWW.JILBABBACKPACKER.COM

Friday, January 30, 2009

Kenapa Mesti Independent Traveler ?



“Kenapa, sih, lo lebih suka ber-independent traveler, kenapa juga gue nggak pake tur yang jelas-jelas lebih gampang?” Pertanyaan dari beberapa teman itu kerap muncul saat gue berencana untuk pergi ke suatu tempat tanpa bantuan guide.

Hmmm… sejak nekat pergi ke Singapura-KL beberapa tahun lalu, gue emang jadi tergila-gila ber-independent traveler. Gue lom berani menyebut gue backpacker, karena ya..gue baru aja memulai, masi suka pake koper, masi blom berani nginep ama orang yg ga dikenal.

Beberapa hal ini mungkin bisa mewakili jawaban kenapa ya gue lebih suka berjalan sendirian ketimbang pake tur guide:

1.Pastinya lebih murah.
Tanpa tur, biaya yang gue keluarkan bisa gue tekan seminimal mungkin. Kalau pake tur pastinya hotelnya bakal hotel bagus (walaupun rate-nya bisa lebih murah ketimbang mesen sendiri), terus makannnya juga di tempat mahal, dan kita mesti bayar jasa si guide lah, bayar ini itulah. Kalau gue pergi sendiri, semua biaya bisa gue sesuaikan dengan kemampuan gue.

2.Lebih suka-suka, lebih puas, lebih bebas.
Tur umumnya sudah punya jadwal dengan waktu yang sangat ketat. Di satu tempat ada batas waktunya, suka ga suka dengan tempat itu ya harus dikunjungi karena sudah ada dalam paket tur.
Beda halnya dengan pergi sendirian. Gue bisa semaunya. Kalau gue suka satu tempat, gue boleh berlama-lama di sana, bole balik lagi, dsb. Kalau nggak suka, gue bisa langsung cabut aja. Ga ada ketentuan ini itu yang mengekang.

3.Lebih mengenal sekitar.
Pake tur lo cuma tahunya dijemput di hotel, duduk manis dalam mobil, lalu sampai ke tempat tujuan. Lo hanya tahu “tempat ini indah, bagus, bla..bla..bla”. Lo nggak akan tahu perjuangan menuju tempat itu, harus naik kendaraan umum apa, bayarnya berapa, ada apa aja di seputar jalan menuju ke sana, dll.
Pergi sendiri, selain tahu rute jalan lo juga bisa mengenal kebiasaan penduduk setempat kalo menyeberang, kebiasaan di kendaraan umum, gaya pakaian mereka, gaya bicara mereka, gaya pacaran mereka, dsb, dsb.
Temen gue, yang pergi ke Bangkok dengan jasa guide, bukan cuma nggak tahu kendaraan umum di sana, dia bahkan nggak tahu di dearah mana tempat-tempat wisata yang ia kunjungi terletak.:D

4.Lebih berkesan
Pergi sendiri artinya lo harus mempersiapkan segalanya sematang mungkin. Lo harus menyusun rencana perjalanan sebaik mungkin agar lebih efisien, harus tahu kondisi sekitar, harus cari info ini itu, harus booking hotel, dsb, dsb. Susah dan ribet memang, tapi percayalah, hal itu akan meninggalkan kesan yang jauh lebih mendalam.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home