Friday, November 6, 2009

Makan Dondurma

Dondurma adalah nama makanan sejenis es krim. Dari tampang, nggak beda dengan es krim di sini. Rasanya juga mirip-mirip: manis.. Bedanya, es krim khas turki ini lengket banget. Nggak gampang mencair kayak es krim biasanya. Nggak bakal tumpah juga kalo dibalik ke bawah. Katanya, es krim ini terbuat dari bahan salep. Salep yang dimaksud di sini tentu bukan salep kulit, tapi sejenis krim yang terbuat dari angrek.

Es krim yang disajikan di dalam sebuah corn ini punya aneka rasa. Ada rasa coklat, vanilla, strawberry, dan lemon. Gue saranin, nggak usah pake si lemon ini deh. Karena buat gue, rasanya aseeem banget.

Selain bahannya yang beda, cara penyajian es krim ini juga unik. Si tukang es krim, yang umumnya berpakaian khas Turki, akan menggunakan sendok panjang dari besi untuk mengambil es krim. Sebelum meletakan es krim di corn, si abang akan memukulkan sendok panjang ini ke gentong tempat es krim (yang juga terbuat dari besi), yang diselingi dengan pemukulan bel yang tergantung di depan gerobak. Atraktif bener..

No comments:

Post a Comment