BLOG TERBARU SAYA ADA DI WWW.JILBABBACKPACKER.COM

Saturday, December 6, 2008

Inilah Hongkong

Merujuk pada buku tourist guide yang saya dapat di stasiun Causeway Bay, Hongkong terdiri dari 4 teritori: Hongkong Island, Kowloon, New Territories, dan Outlying Island. Antarteritori itu dihubungkan dengan ferry, bus (melewati jembatan), atau MTR.

Hongkong Island bisa disebut pusat pemerintahan dan pusat bisnis. Sedangkan Kowloon bisa disebut pusat hiburan, karena di sana banyak sekali hotel. Nah, kalau Airport dan Disneyland adanya di Lantau (Outlying Island), lumayan jauh dari Hongkong Island ataupun Kowloon.

Saya menuju ke Hongkong via Macau, karena sebelumnya saya ada tugas di sana. Banyak cara menuju Hongkong dari Macau. Cara yang paling murah adalah dengan menggunakan ferry. Ada banyak ferry yang bisa dipilih, antara lain Turbo JetNew World dan Cotai Jet. Turbo Jet berangkat dari Macau Ferry Terminal ke Shun Tak Center di Hongkong Island, sedangkan New World (NWFF) adalah ferry yang menghubungkan Macau Ferry Terminal dan Kowloon Ferry Terminal. Yang terakhir, Cotai Jet, merupakan ferry teranyar milik Sands Grup (pemilik Venetian), dan berangkat dari Taipa Ferry Terminal menuju Shun Tak Center.

Karena menginap di Venetian, saya memutuskan untuk naik Cotai Jet. Alasan pertama, saya (dan semua yang menginap di Venetian) mendapat voucher potongan sebesar HK$ 30 untuk tiket Cotai Jet ke Hongkong, jadi lumayan bisa mengirit ongkos. Kedua, jarak dari Venetian ke Taipa Ferry Terminal cuma 5 menit, sedangkan ke Macau bisa menghabiskan waktu 15 menit.

Untuk soal harga, rasanya satu ferry dengan yang ferry yang lain tidak terlampau beda. Di hari biasa, harga cotai jet kelas ekonomi HK$ 142, sedangkan harga turbo jet HK$ 149. Kalau malam hari, atau weekend, tarifnya bisa lebih mahal.

Bagian dalam Cotai Jet

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home