Wednesday, November 18, 2009

Bikin Paspor Sendiri? Siapa Takut ..


Gue menulis ini karena ada orang yang bilang, bikin paspor sendiri itu susah banget. Emang sih, paspor gue bukan hasil bikin sendiri, tapi diurus ama temennya om gue. Tapi itu dulu banget, sebelom gue tahu kalo bikin paspor ternyata ga ribet.

Nah, beberapa bulan lalu, adek gue berusaha bikin sendiri paspornya. Dan ternyata, mengurusnya nggak sesusah yang dibayangkan. FYI aja, adek gue itu ga seperti gue yang ke mana-mana berani sendirian. Tapi ternyata dia berhasil loh bikin paspor sendiri, tanpa calo!

Total biaya yang mesti dikeluarin cuma 275 rebu,dan paspor jadi dalam waktu hanya seminggu. Coba bandingin ama pake calo, minimal lo mesti keluarin dana 500-600 rebu (untuk yang jadi seminggu), dan 700 rebu (buat yang jadinya sehari).

Caranya gini:

1. Siapkan dokumen yang diperluin :
- akte dan atau ijazah (asli dan fotokopi)
- ktp dan atau tanda pengenal lainnya (asli dan fotokopi)
- surat keluarga (asli dan fotokopi)
- surat keterangan dari tempat kerja (kalo udah bekerja)

2. Dateng ke imigrasi (imigrasi wilayah manapun), dan beli map berisi formulir. Harganya map-nya Rp 10.000

3.Setelah itu, serahin berkas dan formulir yang udah diisi ke bagian penyerahan berkas paspor. Tunggu sampe nama lo dipanggil. Saat itulah, lo akan mendapat berkas yang asli (fotokopinya diambil), dan lembaran yang berisi jadwal foto, sidik jari dan wawancara (FSjW).

4. pas hari wawancara, datenglah pagi-pagi biar ga terlalu ramai. Untungnya rumah gue terletak nggak jauh dari Imigrasi Jakarta Selatan, jadi adek gue bisa nongol di sono jam 8 pagi. Begitu sampe, serahin lembaran jadwal wawancara ke kasir, lalu bayar biaya bikin paspor (untuk paspor 48 hal sekitar 275 rebu)

5. Tunggu sampe dipanggil namanya untuk wawancara. kasir juga bakal ngasih lembaran untuk bukti pengambilan paspor. Wawancaranya sekitar berisi konfirmasi bener ga data2 yg lo masukin, buat apa bikin paspor, mau ke mana dan untuk urusan apa? Kalau udah beres wawancara, foto, terus cap sidik jari, trus pulang deh.

6. Paspor umumnya bisa diambil setelah 3 hari kerja. Pada hari pengambilan passport, datanglah ke bagian Pengambilan Passport lalu serahkan kwitansi tadi. Kemudian lo harus mengisi buku pengambilan passport dan menandatangi pengambilan passport di formulir passport kemaren. Beres!!!

Kalau lo bener-bener orang yang sibuk, poin 1-3 dan poin 6 bisa diwakilin ama nyokap, om, tante, adek, pembantu, siapa aja deh. Tapi, poin 4 dan 5 harus dilakukan sendiri. Gampang kan?

1 comment:

  1. Terima kasih untuk informasi ini. Sangat berguna karena mgkn selama ini org tau utk mengurus paspor itu bnyk birokrasi nya..

    Sangat informatif dan helpfull..

    Graciaa... :)

    ReplyDelete