Friday, November 6, 2009

Wisata Kuliner di Istanbul





Walaupun gue berdiam diri di Istanbul hanya 3 hari, gue sempet mencicipi beberapa macem makanan khas Turki. Gue sebutin nih satu-satu ..

  1. Kofte: daging sapi atau kambing giling yang dibumbuin, dibentuk kayak perkedel dan dipanggang. Rasanya enak dan gurih, biasanya dimakan ama bulgur pilav atau ekmek. 
  2. Ekmek: semacem roti tipis dari gandum yang dipake untuk bungkus doner kebap (swawarma). Di restoran, ekmek ini adalah makanan complementary yang disajiin bareng sup Corba.
  3. Bulgur Pilav: nasi khas Turki yang teksturnya agak pera dan bentuknya bulet-bulet. Perpaduan antara nasi ama ketan, kata gue.
  4. Iskander Kebap :  ini nggak sama dengan kebap yang ada di jakarta. Kebap yang ada di sini nggak dibungkus roti (kecuali doner kebap). Kebap iskander ini paling terkenal di Turki, berupa potongan daging sapi atau kambing panggang, ditaruh di atas pide, disiram ama saos yoghurt dan melted butter. Katanya sih, yang paling enak adanya di daerah Bursa (di luar Istanbul). Karena jauh, gue cuma nyobain yang di Taksim. Rasanya...tetep endang gulindang.
  5. Doner Kebap: anak Jakarta pasti familiar dengan nama ini. Yup, Doner Kebap di sono sama dengan doner kebap di sini, hanya aja lebih enak dan porsinya lebih gede. Doner kebap ini adalah daging panggang (sapi, kambing atau ayam), dimasukkin ke dalam ekmek tipis. Doner kebap ini gampang banget ditemuin, dan harganya sekitar 2-3 lira.  
  6. Simit : ini yang namanya makanan rakyat; murah meriah dan mengenyangkan. Secara harganya cuma 50 kurus (1/2 lira). Bnetuknya lingkaran, mirip2 ama bagel or pretsel gitu de...Luarnya keras tapi dalemnya empuk banget. Simit ini tersebar di seluruh penjuru kota. Dijualnya pake gerobak ataupun didondong di atas kepala. Gue doyaaan banget nih roti..


  7. Turkish Delight : makanan yang mirip dodol ini pas banget buat dijadiin oleh-oleh. Dibuat dari salep (yang sama dengan dondurma) dan dicampur dengan madu plus aneka kacang-kacangan. Ada yang dicampur walnut, pistachio, almond , dll. Biar dapet yang murah, belinya di Spice Bazar aja. 
  8. Corba: (baca: sor-bah) adalah soup khas Turki. Gue ga tau ini terbuat dari apa, tapi kayaknya sih ada gandumnya. Bentuknya kayak cream soup hanya teksturnya lebih encer. Gue suka sih, asal ditambah lada yang banyak...

4 comments:

  1. di turki ada restoran tua yang wajib dikunjungi gk??pengen k turki,, apalagi makanan khas nya pngn coba..

    ReplyDelete
  2. wah, kali ini saya dibawa sama guide ke mana2, jadi ga tau sama sekali soal tempat makan.tinggal ikut...:P
    yang pasti semua makanan yang saya coba di atas rasanya enaak :P

    ReplyDelete
  3. Mbak Rahma, kalau sudah ngerasain Iskender Kebab yg di Bursa, Iskender kebab lain terasa gak ada apa2nya, deh... Enakkkkkk, banget. Sampai sekarang saya masih ingat bagaimana rasanya. Bikin saya selalu pengen kembali ke sana. Ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak Ira, senangnya mbak mampir ke blogku.
      Iya, pengen banget ngerasain yang aslinya. Taun depan rencanaya kembali ke sana, semoga kesampean. ;))

      Delete