Monday, May 3, 2010

Angkutan Di Hanoi

Taksi mylinh 

Di sini, transportasi rada sulit. Dari bandara ke daerah kota sebenernya ada bus khusus, tapi rada ribet dan susah dicek jadwalnya. Kalau gue pergi sendiri mungkin gue akan ambil bus ini (biar irit), tapi berhubung gue perginya berempat, menyewa mobil dari guesthouse rasanya lebih tepat. Selain nggak perlu mikir lagi, sewa mobil ini nggak terlalu mahal. Satu mobil dikenai biaya 14 dolar. Dibagi berempat, jatuhnya sekitar 3.5 dolar. Lumayan lah..

Transportasi umum di sana adalah bus. Gue nggak tahu gimana caranya naik bus ini, karena (katanya) rutenya cukup ribet dan busnya sulit ditemui.

Gue dan kawan-kawan lebih memilih tuk jalan kaki atau menggunakan taksi.  Jalan kaki bisa dilakukan buat objek-objek di sekitar hotel gue, di seputaran danau ataupun oled quarter. Untuk objek lain yang cukup jauh, terpaksa menggunakan taksi.

Seperti halnya di Jakarta dan KL, di sini banyak taksi bodong yang nggak bisa dipercaya. Apalagi taksi-taksi yang mangkal di objek wisata, biasanya pake argo borongan. Kalaupun pake argo yang bener, mereka kerap menyesatkan turis dengan mengambil jalan memutar, sehingga ujung-ujungnya harga yang harus dibayarkan sangat mahal. Hiue bercerita, salah seorang tamunya pernah mengalami hal tadi. Si tamu ini menggunakan taksi dari hotel ke HCM Mausoleum. Normalnya, tarif yang harus dibayar hanya 2-3 dolar,  tapi si bule diajak muter ke sana ke sini sehingga tarifnya menjadi 15 dolar!!

Ada trik untuk mencegah hal itu terjadi.



Pertama, jangan ambil taksi di deket objek wisata. Stop taksi di jalan aja. Kedua pakai taksi yang lumayan dipercaya: Mylinh. Taksinya berwarna putih dengan logo berwarna hijau. Tapi hati-hati, sebab banyak banget taksi yang mirip dengan Mylinh ini (sama aja ama di sini kan..banyak banget yang mirip bluebird). Ketiga, pegang peta di tangan dan liat rute yang diambil si supir taksi. Kalau rutenya rada menyimpang, langsung protes aja. Kalau emang dia ngotot jalannya udah bener dan menurut kita itu udah jauh dari jalan seharusnya, minta turun aja. Tapi, tentunya udah tahu ya itu di daerah mana, jangan sampe turun di daerah antah berantah :p. 

No comments:

Post a Comment