Monday, May 3, 2010

Hoan Kiem Lake

Danau ini merupakan danau terbesar di Hanoi.  Luasnya kayaknya kurang lebih sama ama Danau Sunter. Tapi danau ini benar-benar dimanfaatkan sebagai area publiknya masyarakat Hanoi. Di sore dan pagi hari, banyak orang tua yang berolahraga di sekeliling danau. Yang muda-muda memanfaatkan danau ini sebagai tempat pacaran.  Nggak ada bangku yang kosong deh, semuanya terisi oleh cewe cowo yang lagi bermesraan.  Yang mo merit menggunakan danau ini sebagai tempat pre-wed. Waktu gue ke sono, gue itung nggak kurang dari 14 pasangan lagi melakukan pemotretan pre-wed. Weh..nggak ada objek lain apa ya?

Selain jadi pusat kegiatan masyarakat, danau ini juga menjadi pusat objek wisata. Banyak objek yang bisa didatangi di danau ini. Di tengah danau ada kuil bernama Ngoc Son Temple .  Untuk masuk ke kuil yang dibangun tahun 1865 itu, orang mesti melewati jembatan merah yang cantik banget di malam hari. Sayangnya, untuk masuk ke kuil itu harus membayar sejumlah uang. Gue, yang nggak rela mengeluarkan uang untuk tempat itu, pastinya mundur teratur.


Memutari danau ini juga asyik. Di sekelilingnya banyak objek menarik yang bisa ditemui. Selain kuil tadi, ada patung Ly Thaito yang dikelilingi tanaman bunga yang cantik. Ada pula deretan toko-toko dan tempat makan yang katanya enak (tapi nggak dijamin halal). Ada pula gedung tempat pertunjukan waterpuppet show.
Kalau nggak mau capek muter, nongkrong di danau juga asyik. Di sini banyak pedagang keliling yang nawarin roti perancis yang gede, kopi atau es lemon. Yummy..

No comments:

Post a Comment