Sunday, March 18, 2012

Lombok (day 3) -- Gili Trawangan, Bener-Bener Paradise

Di perahu, kami bertemu dengan seorang ibu yang ikut rombongan puterinya dan teman-temannya. Dari dialah kami mendapat info penginapan yang murah meriah, namanya wisma hantu. (serem amat yak namanya).

Karena ga tau mesti nginep di mana, kami memutuskan ikut dengan ibu itu. Ternyata hanya ada satu kamar yang tersisa hingga akhirnya kami mencari lagi penginapan di sekitarnya. Untunglah, ga jauh dari situ ada Lili Homestay, yang masih punya kamar kosong. Setelah tawar-menawar, kami dapat harga Rp 90.000/kamar.

Dulu, ada anggapan, penginapan di Gili mahal-mahal. Emang sih, kalau yang bentuknya resor di tepi pantai pasti mahal lah. Nah, kalau mau yang murah macam penginapan gue ini, emang mesti masuk ke dalam-dalam. Tapi bagi gue ga masalah, kan cuma buat tidur aja.

Lily Homestay: 087865526139



Makan di Gili

Di buku yang pernah gue baca (yang dikirimin ke gue oleh salah satu penerbit), ditulis bahwa makanan di Gili mahal sehingga disarankan buat bawa bekel dari daratan. Haiyaa…

Ternyata enggak tuh. Gue menemukan beberapa warung yang murah meriah. Salah satunya warung Indonesia yang letaknya persis di sebelah Lili Homestay. Di sini ada menu prasmanan yang terdiri dari ayam, sayur, tempe dengan harga hanya Rp 10.000. Lebih murah dari makan di kantin Gramedia coba..

Selain Warung Indonesia, masih banyak warung lain yang jual makanan murah. Kebanyakan jual nasi campur, yakni nasi yang dicampur aneka lauk yang bikin kenyaang. Harganya berkisar Rp 10.000-Rp 20.000. Coba aja susuri bagian dalam, banyak kok warung nasi. Oya, di kapal pulang gue ketemuan dengan Pak Man, yang kabarnya punya warung nasi yang enak banget yang udah terkenal di mana-mana.

Bersepeda Keliling Gili

Untuk mengelili Gili, kami memutuskan menyewa sepeda aja. Harganya Rp 50.000 buat sehari penuh. Kalau cuma mau pakai jam-jaman juga bisa, harganya kalau ga salah Rp 15.000/dua jam.

Asyik banget bersepeda. Kalau mau berenti buat berenang atau snorkeling, tinggal senderin tuh sepeda di pohon, lalu nyebur de. Kami sangat menikmatinya…di awal.:P. Kok di awal? Simak deh cerita gue berikut.

Setelah puas berenang, snorkeling ngeliat ikan warna-warni, foto sana-sini, kami memutuskan untuk mengelilingi seluruh pulau Gili dengan sepeda. Setengah bagian pulau cukup menyenangkan, tapi setengahnya lagi, menyengsarakan. Jalannya berpasir, sepeda gue ga bisa lewat!!. Terpaksa mesti mendorong sepeda di tengah panasnya matahari Gili. Ampuuun deh. Ditambah lagi, bagian belakang Gili itu bukan daerah komersil yang banyak penginapan. Isinya hanya semak belukar dan pantainya penuh karang. Jadi gue saranin, kalau udah menemukan jalan berpasir, puter balik aja deh.

Gara-gara maksa bersepeda muterin Gili, gue dan keshie tepar banget. Alhasil, kita ketinggalan sunset yang katanya adalah sunset terindah ke-8 di dunia. Huaaaa…

Eh, ketinggalan sunset ini juga disebabkan banyak hal sih. Pertama, ban sepeda keshie kempes dan harus pompa. Pompa milik si penyewaan sepeda rusak, jadi terpaksa harus nyari pompa baru. Kedua, pas gue nanya arah mana kalau mau lihat sunset, 4 orang yang ada di situ menunjuk ke 4 arah yang berbeda, sambil berdebat satu dengan lainnya. Tobaat..

Oiya, sebenarnya di gili ini banyak banget spot bagus buat foto. Salah satunya adalah gazebo di seberang Villa Ombak. Gazebonya dari kayu, dihiasi dengan kain warna pink. Di sebelahnya ada perahu yang semang sengaja ditaro di situ. Sayangnya, gue ga sempet foto di situ. Sebenernya pas naik sepeda tadi gue ngelewatin tempat itu, tapi berhubung Fean buru-buru ingin menghampiri orang yang menemukan hape-nya, kami jadi buru-buru. Yaah..

Oya lagi, selain Gili Trawangan, ada pula GIli Meno dan Gili Air. Kedua tempat ini letaknya ga jauh dari Trawangan. Kabarnya sih, tempatnya bagus juga tapi ga seramai Trawangan. Kalau ingin ke sana, bisa menyewa perahu dari Trawangan.

2 comments:

  1. mba, minta alamat lily homestay ada? saya mau k gili t akhir november sm teman2 grup 14 org.
    ada info2 khusus? :) trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh, maaf ya baru liat pertanyaannya. Semoga belum telat jawabnya. Nomer telepon LIli 087865526139.

      Met menikmati surga dunia :P

      Delete