Saturday, April 27, 2013

Gampangnya bikin visa jepang

Mendapatkan visa Jepang ternyata cukup gampang. Dalam waktu 4 hari, gue udah punya stiker visa Jepang di sakah satu halaman paspor gue.
Ini dia langkah2nya.

1. Siapin semua dokumen yang dibutuhin:
-  paspor asli. Kalo ada paspor yg lama, bawa juga
-  form pengajuan visa. Formulirnya nggak disedian di sana, jadi harus didonlod di sini: formulir .
-  foto ukuran 4,5x 4,5, backgroundnya putih. Foto ini nantinya ditempel di formulir
-  fotokopi tanda pengenal (ktp)
- surat keterangan dari perusahaan
-  bukti pemesanan tiket dan buking hotel
-  formulir jadwal itenerary selama di jepang. Mereka juga nyedian formulir online yg bisa di donlod di sini: jadwal
-  bukti keuangan

2. Semua dokumen itu harus dalam ukuran A4, jd fotokopi ktp jgn dipotong. Setelah itu susun dokumen berdasar urutan di atas. Form visa pertama, bukti keuangan terakhir.

3. Dateng deh ke kedutaan jepang di Thamrin. Adanya persis di sebelah plaza Indonesia, gedungnya warna coklat. Kalau naik busway, turun di halte bunderan Hi. Untuk pengajuan visa, mereka buka dari jam 08.00-12.00, sementara buat pengambilan visa dr jam 12.00-15.00. Jangan lupa bawa ktp atau id buat dituker dgn ID tamu di pintu gerbang. Ga ada ktp, ga boleh masuk.

4. Ambil nomer, tunggu dipanggil. Ada 4 loket, 2 loket kayaknya buat warga jeoang, 2 loket buat non jepang. Waktu gw ksana, antrian ga terlalu banyak. Gue dateng jam 9 pagi dan dapet nomer 20. Jangan lupa bawa pulpen buat tanda tangan bukti (semacam kuintansi).

5. Setelah berkas diperiksa, bakal dikasih kertas buat ambil visa.

Empat hari kemudian, jadi deh visanya... Biayanya 350ribu buat single entry.
Ga ribet kan?

No comments:

Post a Comment