Wednesday, November 18, 2009

Tambah Nama Di Paspor

Ini terjadi ama gue dan keluarga, sekwatu akan berangkat umrah kemaren. Arab Saudi mensyaratkan, nama di paspor mesti terdiri dari tiga kata. Misalnya: Aisyah Miftahul Huda (hehe..nama sapa nih gue catut).

Nama gue di paspor hanya terdiri atas dua kata. Walhasil, gue mesti menambah satu kata lagi di belakang nama gue. Biasanya sih, ditambah dengan nama ayah atau nama suami atau nama keluarga. Berhubung gue lom punya suami, nama gue ditambahin nama depan ayah gue.

Gue pikir, paspor lama gue akan diganti paspor baru. Sayang, soalnya masa berlaku paspor gue masih satu tahun lagi. Tapi ternyata, paspornya nggak
diganti sama sekali, cuman di halaman dua, ada tambahan verifikasi soal tambahan nama gue itu.

Caranya? hampir mirip dengan bikin paspor baru. Siapin semua dokumen yang diperluin. Karena gue pake nama ayah, gue juga mesti nyiapin kartu keluarga. Kalo pake nama suami, mesti siapin juga surat nikah.

Karena cuman ganti nama, gue nggak perlu melakukan wawancara sama sekali, bahkan gue nggak perlu dateng ke sana. Semua cukup diwakilin adek gue. Dan yang tepenting.. semua itu gratiiss.tis...tanpa keluar biaya sama sekali.. (cuman perlu biaya buat ngongkosin adek gue naik oejek plus traktir adek gue di pizza hut).

11 comments:

  1. Hi Rahma, salam kenal !

    makasih ya info-nya berguna betul ! kebetulan lagi mau ngurusin paspor nyokap, yang namanya cuman 2 suku kata... hehe..

    trims !

    ReplyDelete
  2. sama2 Teh Eneng, moga umrahnya mabrur..

    ReplyDelete
  3. Kasusku terbalik. Pasporku yg bekas umroh mau dipake ke Amerika. Petisi visaku cuma pake namaku, jadi mereka mau nama bapa sama kakekku dihapus. Pas dateng ke Imigrasi mereka membuat catatan Additional Name dan cuma cantumin nama aku. Kok additional name, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. to anonim: kasus anda sama persis dengan yg saya alami sekarang.. yg mau saya tanyakan Visa anda Ke US di acc gak karena ato ada masalah karena waktu ke jepang nama saya jg di tambah nama bapak saya sedangkan sekarang saya mau ke US
      tq infonya gan

      Delete
  4. @ anonim: jadi tadinya ada nama keluarga di belakang, pas mo ke amrik diapus ya? pas apply visa, pake paspor yang sama dengan paspor umrah kah? Soalnya aku berkali2 apply visa, mereka selalu mencantumkan nama sesuai nama di paspor. *jadi penasaran oi*

    ReplyDelete
  5. Untuk perubahan namanya itu, di halaman 4 nya tulisannya kayak gimana? Dicap NAMA TAMBAHAN? atau dicap THE BEARER OF THE PASSPORT ALSO KNOWN AS?

    ReplyDelete
  6. Hai Ria,
    sori baru balas. Seminggu kemarin aku lagi backpackeran ke Korea, jadi nggak sempet ngecek imel apalagi blog. Malem ini baru aja pulang, dan langsung menyempatkan diri jawab pertanyaan kamu.

    Di halaman 4 itu, ditulisnya:
    FULL NAME OF THE BEARER...dan di bawahnya ada cap serta ttd kepala imigrasi.

    Semoga membantu

    ReplyDelete
  7. wah, ternyata mudah ya ganti nama, berapa hari ngurusnya?

    ReplyDelete
  8. ganti nama di sini bukan ganti nama total loh, hanya nambah nama belakang. Jadinya kurang lebih sama dengan lama bikin paspor baru, kurang lebih seminggu

    ReplyDelete
  9. Nama saya tdk pakai nama keluarga. Saya ingin menambahkan nama keluarga di paspor saya untuk mempermudah pembuatan visa. Tapi saya sdh terlanjur pesan tiket pesawat dengan nama saya tanpa nama keluarga. Apakah penambahan nama itu nantinya akan ada masalah?

    ReplyDelete
  10. Saya pernah punya pengalaman serupa mbak. Yang pesen tiket teman saya, dan dia ga mencantumkan nama keluarga saya. Ini terjadi bukan sekali, tapi beberapa kali. Tapi alhamdulillah, baik2 aja, asal nama depan dan tengahnya sama persis dengan tiket, sepertinya ga apa-apa.

    Kalau visa, harus sama persis dengan yang di paspor mbak Icha.

    Semoga membantu,
    selamat jalan2

    ReplyDelete