Monday, May 3, 2010

Hanoi, Dingiiin..

Hanoi adalah salah satu kota terbesar di Vietnam. Dari literature yang gue baca, Hanoi ini dulunya ibukota Vietnam Utara. Setelah perang Vietnam berakhir, Vietnam Utara dan Selatan bersatu dan Hanoi menjadi ibukota negara Vietnam.

Dua minggu sebelum berangkat, gue ngecek keadaan cuaca di Hanoi. Tertulis saat itu udara di sana 11 derajat. Hm…dingin nih. Gue udah bersiap membawa jaket tebel gue, yang gue pake waktu ke Bromo. Baju-baju pun gue udah pilih yang tebel.

Seminggu sebelum hari H, gue cek lagi cuaca di sana. Loh, kok cuacanya meningkat drastis, jadi 29-33 derajat. Karena penasaran, gue buka semua situs cuaca di dunia. Mulai dari BBC, hingga yahoo weather. Semua menyatakan hal yang sama. Alhasil, jaket tebal pun dilungsurkan.

Sehari sebelum berangkat, gue mericek lagi. Siapa tahu udara lebih bersahabat. Ternyata, tetap sama: 27-30 derajat. Malah ada sebuah situs yang menyatakan udara di sana mencapai 36 derajat. Panas bo! Gue pun memilih untuk membawa baju-baju yang lebih tipis.

Tapi ternyata, bukan matahari yang menyambut gue di Hanoi, melainkan angin dingin yang membuat gue mesti merapatkan jaket. (Untung gue bawa jaket setengah tebel buat di pesawat). Ternyata, suhu di sana sekitar 13-14 derajat. OMG, gue saltum.. BBC tak bisa dipercaya. 

2 comments:

  1. mbak aq dah beli tiket jkt-HCM.kalau mau ke hanoi dari HCm naik apa kira2?mahal tak? trims mbak

    ReplyDelete
  2. hey adit, sori ya baru bales. baru ngeh ada pertanyaan ini.

    HCM-Hanoi tuh jauh bgt. Dari ujung selatan ke ujung utara. Dari HCM-Hanoi paling cepet naik pesawat, kira-kira 1,5 jam. Harganya (menurut temenku yg udah pernah pake ini) kurang lebih 600 rebu- 1 juta. Maskapai yg melayani rute ini al: vietnam airlines,jetstar.

    Bisa juga pake kereta, tapi lmyn lama (32 jam). Harganya ga tau, tapi bisa dibeli di travel2 agen yg ada di HCM.

    ReplyDelete