Friday, August 21, 2009

Bangga Jadi Orang Indonesia

Indonesia termasuk bangsa yang terkenal di daratan Arab sana. Maklum saja, Indonesia adalah penyumbang jamaah haji terbesar di dunia. Jadi wajar, kalau para pedagang di sini mahir berbahasa Indonesia.

Bukan hanya para pedagang yang suka dengan bangsa Indonesia. Para Askar (polisi masjid) pun senang karena jamaah Indonesia taat aturan dan tak macam-macam. Senang rasanya jadi orang Indonesia di sini.

Di sini, semua jamaah kenal negara yang bernama Indonesia. Nggak seperti orang-orang yang gue temui selama ini, yang kenalnya hanya Bali, tanpa tau itu adalah bagian dari Indonesia. Di sini, orang bukan hanya kenal, tapi kagum dan hormat dengan Indonesia.

Seperti contohnya, sepasang suami istri asal Palestina yang gue temui di bus ketika akan menuju Miqot Tan’im. Setelah tahu gue dan keluarga dari Indonesia, mereka langsung sumringah. Mereka bilang, mereka berterimakasih banget ama orang Indonesia, yang telah banyak menolong orang Palestina. Berkali-kali mereka mengucap terima kasih, sampe terharu gue..

Atau ada lagi jamaah asal Turki. Dengan bahasa Inggris yang terpatah-patah, dia bilang kalau dia senang sekali bertemu orang Indonesia, karena selama ini ia hanya bisa mendengar tentang Indonesia. Entah apa sebabnya, karena ia tak punya kosakata (dalam bahasa inggris) yang cukup untuk menjelaskan kepada gue sebab musabab pernyataannya tadi.

No comments:

Post a Comment