Monday, August 17, 2009

MRT dan EZ-Link Card

Singapura adalah salah satu negara yang memiliki sistem MRT yang rapi dan baik. Semua tempat bisa dikunjungi dengan MRT. Awal-awal dateng, gue sempet bingung gimana caranya baca peta MRT. Ternyata, ga susah-susah amat. Dan ternyata lagi, pelajaran naik MRT di singapura ini punya andil besar dalam perjalanan-perjalanan gue selanjutnya. (hehe…gue jadi ga bingung kalo disuru baca peta MRT di mana aja).

Biar gampang dan ga kudu cari-cari uang receh mulu, gue beli EZ-Link, kartu serbaguna yang bisa dipakai buat angkutan di seluruh singapur. Ada macam-macem EZ-Link, tergantung kebutuhan. Kalau tinggal di singapura hanya 1-2 hari, bisa beli tourist pass. Tourist pass ini harganya S$ 8/hari. Dengan tourist pass ini, lo bisa naek angkutan sepuas hati, berapa kali aja, selama sahari.

Sedangkan EZ-Link akan lebih berguna kalau lo ada di singapura lebih dari 3 hari. Pasalnya, untuk mendapatkan kartu ini, harus beli kartu seharga S$ 15 ($10 tiket, $5 harga kartu). Kartu nggak bisa dibalikin alias di-refund, tapi berlaku hingga 7 tahun.

6 comments:

  1. gw masih simpen EZ-Link yang dulu gw beli th 2006. waktu gw ke sing lagi mei 2009 lalu, emank bener, kartunya masih berfungsi dengan baik :) oh ya, tambahan info aja, kalo lu bepergian pake kartu ini, tarif MRT-nya jadi lebih murah ketimbang kalo pake kartu yang sekali pakai. jadi selaen bisa dijadiin suvenir, bisa ngirit ongkos juga :)

    ReplyDelete
  2. yoa. gue masih simpen juga kartu ini. 2006, berarti masih bisa dipake sampe 2013 yup..

    ReplyDelete
  3. dimana bisa beli EZ-link? lg mengumpulkan info buat ke singapore suatu hari nih. hehehe

    ReplyDelete
  4. di semua stasiun MRT jual EZ link ini. Tinggal tanya aja ke petugas informasinya..

    ReplyDelete
  5. kalau naik bus nya pernahkan? ada info harga brapa ya? thx :)

    ReplyDelete
  6. pernah juga, tapi cuma 2 kali dari bugis ke daerah marina (vivo city). Harganya kalo ga salah 1.8 atau 2 dolar ya..
    Naek bus emang lebih murah, tapi jalannya suka muter2 jadi lama banget sampe di tempat tujuan. Kalo mau gampang n cepet, naik MRT paling pas.

    ReplyDelete