Monday, August 17, 2009

Naik Ferry ke Singapura

Sewaktu fiskal belom diapus, gue selalu ke singapura lewat Batam. Lumayan, bisa irit 500 rebu. Tapi sekarang, fiskal udah dienyahkan sehingga ke singapura jauh lebih murah jika lewat udara.

Untuk menuju Singapura dari Batam, ada banyak ferry. Tapi ada 2 ferry yang paling bagus: Wave Master dan Penguin. Dulu wave master mangkal di pelabuhan Batam Center, tapi ternyata mulai tahun 2007 kemaren pelabuhan wave master udah pindah ke Batu Ampar (Harbour Bay). Katanya, pelabuhan ini lebih jauh dari bandara tapi lebih deket dari pelabuhan singapura.

Dari Hang Nadim ke Batam Center jauh juga, sekitar satu jam lebih dikit. Pantes aja taksi matok harga Rp 70.000. Harga taksi ini nggak bisa ditawar karena itu adalah tarif resmi yang dikeluarin pihak bandara. (tarifnya nggak berubah selama setahun loh).

Gue beli tiket seharga 11 dolar (pp). Tiket ini belum termasuk pajak pelabuhan yang gue lupa berapa jumlahnya. Waktu itu sih harganya masih harga promosi, dan bakal naik jadi 13 dolar lebih setelah ga promosi.

No comments:

Post a Comment