Thursday, January 6, 2011

Grand Palace dan Riverside


Keesokan harinya, kami sepakat untuk mengunjungi Grand Palace, istana raja yang letaknya ga terlalu jauh dari hotel kami. Menuju Grand Palace, kami melewati riverside (tepi sungai Mekong).  Tepian sungai ini menurut gue bagus loh, walaupun sungainya keruh dan coklat. Jadi, di pinggir sungai ini dibuat semacam trotoar yang lebarnya lebih dari 5 m. Di trotoar ini terdapat bangku-bangku dan taman. Saat malam hari, trotoar ini jadi tempat latihan anak muda buat belajar breakdance, skateboard, dan segala macam kegiatan anak muda lainnya. Kalau siang hari tempat ini kosong melompong.

Di seberang riverside ini terdapat bangunan-bangunan yang menurut gue lumayan menarik. Secara gue lulusan arsitektur, gue emang demen banget liat bangunan-bangunan cantik. Apalagi kalo dibawah bangunan itu dibangun café-café terbuka yang menghadap langsung ke jalan. Berasa di Paris.. (hehehe..kayak pernah ke paris aje)

Di jalan menuju Grand Palace, ada beberapa supir tuk-tuk yang menghampiri kami, menawarkan jasa tuk-tuknya. Karena kami menolak, mereka bilang kalau Grand Palace hari itu tutup karena ada hari besar keagamaan. Hehehe…tipuan lama. Di Thailand gue juga sempet dibilang begitu, dengan harapan kita akan mengubah tujuan kita dan akhirnya ikut bersama mereka. 

Nyatanya, Grand Palace ga tutup sama sekali. Emang sih, dari trotoar riverside ga keliatan pintu masuknya. Pintu utamanya, yang berupa gerbang besar di depan taman, emang ditutup karena itu ga boleh dimasuki umum. Pintu untuk masyarakat dan turis terletak kira-kira 200 meter di samping kiri gerbang tadi. 
Grand Palace ini ternyata mirip dengan grand palace di Bangkok. Bedanya, ini lebih kecil dengan bangunan yanglebih sedikit. Oya, Grand Palace dibuka jam 8:00-11:00 (morning shift) dan 14:00-17:00 (afternoon shift).  Untuk masuk ke dalam sini harus membayar $10.

Seusai mengeliling Grand Palace, kami kembali lagi ke Warung Bali. Makan sekaligus pamitan karena kami harus kembali ke Kuala Lumpur.

No comments:

Post a Comment