BLOG TERBARU SAYA ADA DI WWW.JILBABBACKPACKER.COM

Monday, December 27, 2010

Menjelajah Puri Dalem Peliatan

Selain ngeliat orang-orang yang lagi mempersiapkan upacara, gue menyempatkan diri masuk ke bagian dalam Puri Dalem Peliatan. Sebenernya, masuk ke Puri Dalem ini ga dilarang sama sekali. Tapi berhubung mau upacara, banyak bagian yang ditutup. Tapi untunglah, ada ibu-ibu baik hati yang masih keluarga Raja, yang mempersilahkan gue masuk ke semua tempat semau gue. Hehe...itulah salah satu keuntungan jalan sendiri. Lebih gampang ngobrol sama orang, dan lebih gampang masuk ke area-area yang dilarang.

Puri Peliatan ini bersambung dengan perumahan penduduk di belakangnya. Di area puri sendiri terdapat beberapa bangunan yang ditinggali oleh keluarga kerajaan. Yang paling besar adalah rumah Raja, yang sayangnya nggak boleh dimasuki karena ada jenasah raja yang lagi disemayamkan. Tapi gue masih boleh masuk ke teras rumahnya. Dan hasilnya, gue merinding!! Hehehe...makanya gue ga berani lama-lama di depan rumah raja itu.Selain rumah raja, ada beberapa bangunan lain. Bangunan-bangunan ini menghadap sebuah taman yang asri dan rimbun banget. Suka deh gue di sini..

Di sana gue juga ketemu beberapa orang ibu yang lagi sibuk mensteples kerdus kue. Beberapa dari mereka ternyata bukan keluarga kerajaan Peliatan, tapi dari area lain. Demi mensukeskan acara palebon ini, mereka rela nginep di sini, buat bantu-bantu. Oke banget..

Oya, di Puri ini juga ada pertunjukkan kesenian rutin seperti kecak, barong, wayang dan sebagainya. Jadwalnya bisa cek di http://www.peliatan.info/index.html

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home