Sunday, April 10, 2011

Angkutan di London

London merupakan kota dengan transportasi yang lebih rumit dibandingkan dengan Singapura, ataupun Hongkong. Transportasi utamanya adalah tube underground, kereta bawah tanah sejenis MRT. Tube ini memiliki 13 line, di antaranya bakerloo, central, district, circle. Ribet emang..tapi kalau udah pernah ngerasain ribetnya naek busway, yang ini jadi terasa lebih gampang...hahaha..

Nah, kalau mau naik tube, yang pertama harus diliat adalah kita mau naik dan berenti di stasiun mana. Kalau udah tau, lihat line-nya (ditandai dengan warna yang berbeda), dan cek apakah stasiun awal dan akhir kita itu ada dalam satu line. Kalau beda, cari stasiun mana kita mesti ganti line.

Misalnya nih, gue naik tube dari Northern Lamb mau menuju Victoria. Nah, northern lamb itu adanya di jalur coklat (bakerloo line) sementara victoria ada di jalur kuning dan hijau (circle dan distict). Nah, untuk mencapai jalur kuning itu, gue mesti tuker kereta di embankment.

Bukan itu aja. Perhatiin juga ada platform mana kereta kita. Caranya, setiap abis bayar karcis, akan ada peta beberapa peta. Cek aja, stasiun kita ada di peta yang mana, yang artinya ke arah situlah kita mesti bergerak. Setelah itu, jangan buru-buru naik kereta karena dalam satu platform bisa ada beberapa kereta yang lewat. Cek ujung dari line kereta yang kita ingin naiki, lalu baca di papan, kereta itu akan tiba kapan. Tujuan akhir kereta itu juga akan terpampang di kereta.

Ribet ya? Nah, kalau mau lebih gampang tapi lebih lama, naik bus aja. Ada peta busnya, dan petunjuknya di tiap halte. Tapi kalau mau lebih gampang lagi, tanya orang aja..hehehe..

Oiya, kalau dalam sehari akan naik banyak tube dan bus, beli aja daypass seharga €6,6. just info aja, sekali jalan harga tube bisa mencapai €3-4. Mending beli daypass kan, bisa naek berkali-kali tanpa ribet.

Peta bus dan tube bisa dicek di sini http://www.tfl.gov.uk/gettingaround/14091.aspx

No comments:

Post a Comment