BLOG TERBARU SAYA ADA DI WWW.JILBABBACKPACKER.COM

Sunday, April 10, 2011

Mengurus Sendiri Visa UK

Orang-orang bilang, visa UK adalah visa yang susah didapetin, apalagi buat orang-orang yang belum pernah menginjakkan kaki di benua Eropa dan Amerika, seperti gue ini. Apalagi, waktu yang gue punya buat bikin visa ini sangat-sangat mepet, cuma 3 hari man!! Ya, gue mesti berangkat ke London hari Rabu tanggal 31 Maret, sementara surat sponsor dari pihak Tune baru gue terima hari Kamis. Jadi hanya ada sisa waktu 3 hari kerja.

Awalnya gue akan menggunakan jasa agen travel, agar proses pengurusan lebih mudah. Tapi dua agen travel yang gue hubungi malah mempersulit gue dengan mengatakan "ga mungkin visanya bisa jadi. Normalnya butuh waktu 1-2 minggu." (Huh...gue juga tau itu.Gue ga mau yang normal, itu sebabnya gue minta tolong kalian).

Akhirnya, gue dan temen gue memutuskan untuk mengurus sendiri visa UK ini. Ternyata, pengurusannya cukup mudah, dan ternyata hanya dalam 3 hari gue mendapatkan stiker visa di paspor gue..(lucky me).

Untuk mengurus visa inggris, kita ga mesti datang ke kedutaan Inggris di Menteng sana. Tapi cukup ke UK Border Agency (VFS Global) yang adanya di Plaza Abda Sudirman, Jakarta (di seberangnya Fx). Sebelum ke sana, kita mesti mengisi formulir aplikasi online di http://www.visa4uk.fco.gov.uk/ApplyNow.aspxNah, formulir online itu nantinya harus dicetak (print) dan disertakan bersama syarat-syarat lainnya. Syarat-syarat tersebut adalah:
- paspor asli (kalau ada paspor lama disertain juga), dan fotokopi paspor
- pas foto terbaru 3,5 x 4,5 dengan background putih (ditempelin di formulir)
- fotokopi akte lahir, KTP, kartu keluarga, kartu nikah (kalau ada).
- surat keterangan dari perusahaan (berkop dan asli)
- surat sponsor (kalau saya, ada surat sponsor dari Tune Hotel, yang menjelaskan mereka yang akan menanggung biaya hidup saya selama di sana).
- tiket pesawat. Nah, berhubung saya belum dikirimin tiket oleh Tune, saya nggak menyertakan ini. Tapi seharusnya sih disertain, tujuannya agar mereka yakin kita bakal pulang lagi ke sini.
- bukti booking hotel
- fotokopi buku tabungan dan rekening koran. Oya, kata travel agen yang batal saya pakai, untuk masuk ke UK, mereka meminta rekening minimal 50 juta.
- biar meyakinkan, sertain aja bukti2 kekayaan (haha..). Ada orang yang menyertakan BPKB, surat tanah, deposito. Tujuannya ya biar mereka tahu kita punya uang dan ga akan cari kerja di sana.
- jadwal selama di sana. Ini nggak diminta sebenernya, tapi gue masukin aja biar mereka tahu kalo gue punya jadwal yang sudah tersusun di sana.


Setelah semua syarat komplit, tinggal datang ke VFS tadi. Kantor VFS buka dari jam 08.00-15.00. Di satpam, kita akan dikasih nomer antrian. Waktu gue dateng sih nggak terlalu ngantri, jaid bisa langsung masuk ke dalam. Nah, di dalam ini, kita mesti menunggu panggilan di loket. Di sini, telepon nggak mesti dimatiin. Jadi, daripada bete nungguin, mending bawa buku deh..

Setelah dipanggil, petugas akan memeriksa kelengkapan syarat-syarat. Kalo ada yang kurang, dia akan meminta kita melengkapinya. Nah, gue kan lom punya tiket tuh. Dia bilang, dia menganjurkan untuk melengkapi dulu, baru ngajuin visa lagi. Tapi gue nekat, gue bilang, gue ambil resikonya karena udah nggak ada waktu lagi.

Selesai memasukkan formulir, kita mesti menunggu lagi untuk pengambilan biometrik. Karena saat itu nggak banyak orang, gue hanya nunggu selama 5 menit. Setelah pengambilan biometrik yang cuma makan waktu 2 menit itu, selesailah tugas kita. Selanjutnya tinggal berharap visa diapproval.

Oiya, biaya yang dibutuhkan adalah Rp 1.050.000 (untuk visa turis 6 bulan) ditambah Rp 25.000 buat biaya pemberitahuan lewat sms (optional)

Labels: , ,

72 Comments:

Blogger tiesa said...

31 Maret bukannya hari Kamis, mbak ? 2011,kan ? aku inget banget lha wong balik dari Yaman ya pas tgl itu.

April 16, 2011 at 9:46 PM

 
Blogger rahma said...

hehehe..iya bener. Tanggal 31 itu hari Kamis. Maksdnya hari Rabu itu, visa harus udah kelar karena berangkatnya kamis pagi2..
Thks buat koreksinya, Tissa..

April 18, 2011 at 5:42 PM

 
Blogger Dian Hardinugroho said...

Mbak nggak bikin appointment dulu? kalo langsung dateng gitu bisa diterima ya? saya akan berangkat 1 bulan lagi,cuma masalahnya jadwal appointment yang tersedia itu baru bulan September. Padahal saya mulai kuliah bulan September. Ada saran?

Dian

July 31, 2011 at 6:52 AM

 
Anonymous rahma said...

Bisa kok. Cuma kalau ga appointment, resikonya harus ngantri panjang. Kalo pake appointment, dateng2 bisa langsung dipanggil.

Nah, waktu aku kemarin apply jadwal appointmentnya penuh, dan baru ada seminggu kemudian. Padahal aku mesti buru2, jadi saya nekat aja dateng langsung.Ga masalah kok..

Tipsnya, dateng sepagi mungkin jadi dapet nomer antrian paling awal. AKu waktu itu dateng jam 8 pagi tet, dan dapet nomer 3.

August 1, 2011 at 12:58 PM

 
Blogger Unknown said...

Hi Mba Rahma,
I like your blog!!! :)
Saya boleh tanya ya... untuk KTP , Kartu Keluarga, Akte lahir, Surat Nikah, apakah harus di translate ke bahasa inggris?

Cheers,
Yudho

August 1, 2011 at 1:37 PM

 
Anonymous rahma said...

Asik, dapet pujian dari Yudho :P. Thanks ya..


Nggak kok, semuanya bisa dalam bahasa Indonesia, kecuali surat rekomendasi.

Gue mo buka rahasia dikit nih. Menurut salah seorang sodaranya sodara (juuuh bgt hub-annya ama gue)yang kerja di kedutaan Inggris, proses pengesahan visa sbb:

1. VFS ngumpulin semua kelengkapan dan syarat visa, administrasi, dsb. Mereka cuma sebatas mengumpulkan, nggak ngecek.

2. Dari situ, berkas akan dikirim ke bagian visa kedutaan Inggris. Nah, pegawai visa ini (yang semuanya org Indonesia) akan memeriksa lagi kelengkapan surat n segala macamnya, termasuk ngecek bukti2 seperti KTP, Akte. Karena yang meriksa orang Indo, surat2 nggak perlu ditranslate.
Kalau diperlukan, mereka akan melakukan wawancara. Wawancara bisa juga dilakukan oleh orang Inggrisnya. Dalam kasus gue, mereka wawancara via telp.

3. Orang Inggrisnya lah yang memutuskan visa akan disetujui apa nggak.

begitu ceritanya,
semoga membantu...

August 2, 2011 at 10:23 AM

 
Anonymous Anonymous said...

hi mba Rahma! numpang tanya ya. Saya juga mepet nih bikin visanya. tanggal 25 udah mau berangkat tapi sekarang belum apply juga. Perlu bank reference ga sih mba? makasih ya mba.

August 10, 2011 at 6:48 PM

 
Anonymous Anonymous said...

hi mba Rahma, mau ikut nanya juga dunkkk...

mba bilang ada wawangcara lewat telepon? ditanya apa aja ya mba? nanyanya paka bahasa apa?

thanks ya mba Rahma.... :)

August 11, 2011 at 8:14 PM

 
Blogger rahma said...

Haloo all..
Maaf nih baru sempet bales pertanyaannya sekarang. Baru sempet buka blog soalnya.
Moga-moga ga telat ya jawabnya..

Bank reference tuh mskdnya bukti rekening ya? Kalau itu mksdnya, jawabnya IYA BANGET. Itu syarat mutlak, terutama kalau perginya bukan dibayarin sponsor.

Seperti yang aku tulis di artikel, kabarnya mereka mensyaratkan ada dana min 50 juta di rekening

Semoga berhasil dapet visa ya..

August 12, 2011 at 10:15 AM

 
Blogger rahma said...

Soal wawancara, itu dilakukan dalam bahasa Indonesia. Yang ditanyain adalah tujuan ke sana mau ngapain, punya temen ga di sana, tinggalnya di mana, mo ke mana aja selama di sana.

Trus, karena aku ke sana dalam rangka menang lomba, mereka nanya detail lombanya. Dan karena aku ke sana mo nonton bola, mereka juga nanya pertandingan apa yang bakal ditonton, di mana dan kapan.

Intinya sih, pertanyaanya untuk menyakinkan mereka kalau kita ke sana bener2 buat liburan dan jalan2, bukan buat kerja. Jadi saranku, siapin itenerary kasar selama di sana, jadi kalo ditanyain ga blank banget.

Gudlak..

August 12, 2011 at 10:16 AM

 
Anonymous Qaa said...

mba, nanti februari aku mau ke london nih.. aku agak khawatir soal rekening bank yang katanya minimal 50 juta itu, masalahnya kan aku kesana itu dalam rangka kompetisi dari kampus yang dananya nyari sendiri, sebagai mahasiswa biasa kaya aku susah juga sih buat dapetin saldo segitu, any idea? >.<

November 6, 2011 at 10:58 AM

 
Anonymous rahma said...

Coba minta surat pengantar dari kampus aja mbak. Di situ dituliskan bahwa mba harus ikut kompetisi. Kalau bisa, minta surat invitasi dari penyelenggara kompetisi di Inggris sana. Kalau penyelenggaranya tercatat resmi, dan punya track record bagus di Inggris, pasti visa dikabulin.

Btw, mksdnya dana nyari sendiri, ke sananya ga dibayarin kampus ya? Kalau gitu, kan bawa nama kampus ya. Pasti mereka mau ngeluarin surat keterangan. Bilang aja di surat itu, dana dan segala macam keperluan di sana ditanggung kampus.

Semoga membantu..

November 8, 2011 at 9:45 AM

 
Anonymous Anonymous said...

Mbak

November 9, 2011 at 1:39 PM

 
Anonymous Anonymous said...

Sorry Mbak Rahma.....

Maaf mau tanya, saat ini kan saya dapat tawaran untuk jadi ua pair di UK saya juga udah dapat invitation letter dari Host family, tapi masalahnya saya nggk ada rekening bank 50jt.kira2 bisa di appove nggk mbak ya ? duch bingung saya ini. padahal pengen banget bisa pergi kesana.

Please more advise dunk mbak rahma
Thanks before
Dwi

November 9, 2011 at 1:45 PM

 
Anonymous rahma said...

ua pair ini maksudnya Au pair ya? Itu bukannya harus pake ijin kerja ya mbak?

Biayanya ditanggung host family atau ditanggung sendiri? Kalau ditanggung sendiri, otomatis harus ada dana secukupnya di rekening, kalau emang ditanggung host family, berapapun dana di rek. kita sepertinya ga masalah.

Maaf ya, aku ga bisa bantu jawab yang ini dengan jelas karena kurang ngerti konsep au pair kayak apa.

November 9, 2011 at 3:46 PM

 
Blogger FemaleTalks said...

This comment has been removed by the author.

November 16, 2011 at 11:33 AM

 
Anonymous Anonymous said...

mbak rahmaa,,
saya mau ajuin visa akhir november ini, rencana berangkat akhir desember (pas natal ).
kira2 butuh travel insurance gak yah?
oh ya, fyi saya kesana dengan sponsor di London, dan dia juga sponsor secara financial. kalo udah ada bukti rekening sponsor, apa perlu menyertakan bukti rekening kita?? trimms

November 16, 2011 at 11:35 AM

 
Anonymous rahma said...

Di syarat visa, ga ada ketentuan menyertakan travel insurance. Tapi...travel insurance itu berguna banget kalau terjadi sesuatu di sana. Misalnya nih, waktu itu temen saya tertahan berhari2 di London karena ada gunung meletus di Estonia (kalo ga salah). Nah, karena dia pake asuransi segala pengeluaran dia di sana (hotel, makan, dll) ditanggung. Coba kalau enggak, dan duit kita ga ada, berabe kan?

Menurutku, rekening tetep dipersiapkan aja. Sebagai back-up aja, daripada nanti diminta tapi belom siap. Walaupun biasanya, jumlah yang harus ada di rekening bisa lebih sedikit daripada yang tanpa sponsor.

November 21, 2011 at 2:16 PM

 
Anonymous Anonymous said...

hi mba Rahma,
Saya berencana menemui calon suami saya yang sedang study di London, kira2 reasonnya tetap jalan2 atau menenui calon suami ya supaya gampang di approved?terus saya ga bisa dapet surat sponsor donk ya secara dia kuliah disana. Kalau cuman 3-4 hari di london apakah syarat tabungan teetp min 50 juta yah?
Thanks advice nya ya ..:)

February 25, 2012 at 10:58 PM

 
Blogger rahma said...

Menurut aku, ngajuinnya: Jalan2 yang utama, tapi mau ketemuan temen di sana. Hahaha...soalnya pas wawancara akan ditanyain di sana ada temen yang mau ditemui ga.

Btw, calon mbak ini orang Indonesia atau orang luar ya? Dan udah pernah ketemuan sebelumnya? Soalnya ada cerita, ada yang visanya ditolak karena dia alasannya mau ketemuan pacar bulenya. Dan mereka ini belum pernah ketemuan sebelumnya.

Kalau minta surat dari calon, ini berarti bukan surat sponsor, tapi surat invitasi, yang menyatakan dia mengundang mbak untuk datang ke sana, dan bersedia menanggung resiko akibat kedatangan si undangan.

Kalau sponsor, adalah surat yang menyatakan bahwa orang ini menanggung semua biaya orang yg diundang. AKu kurang paham apa sponsor ini bisa berupa perorangan, apalagi yg kuliah.

Saranku, ajuin aja visa turis seperti biasa, dengan tambahan surat invitasi (berkop kampus) dari calon mbak. Soal dana di tabungan, silakan baca tulisan terbaruku ya...Judulnya "Visa, oh Visa..."

Semoga sukses...

March 18, 2012 at 4:39 PM

 
Anonymous Annisa said...

Salam kenal mba rahma. Saya rencana mau ikut suami study di UK (Scotland). Suami dapat schoolarship di sana. Kira2 pengurusan visa untuk saya sulit ga ya ? kalau untuk suami sepertinya sudah melalui instansi (kantor). Untuk masalah paspor gimana mba? kalau ga salah paspor untuk kuliah itu paspor biru, sedangkan yang saya punya paspor hijau. Mungkin ga saya bisa jalan bareng2 dengan suami ke UK, apa harus suami dulu yang jalan lalu baru invite saya untuk mempermudah sponsor visa. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

April 27, 2012 at 7:06 PM

 
Anonymous rahma said...

Halo mbak Annisa,
Kalau dari pengalaman temen2ku, biasanya suami duluan yang ke sana, lalu invite ke keluarga/istri melalui kedutaan. Selain lebih mudah, kan lebih enak mbak. Suami udah kenal dengan situasi di sana :p

May 15, 2012 at 11:19 AM

 
Blogger respective said...

haduh mbak... keren banget ini mah... *ngiler

May 19, 2012 at 1:20 AM

 
Blogger respective said...

*lupa
salam kenal mbak. aku renita, :D

May 19, 2012 at 1:21 AM

 
Blogger rahma said...

Makasih Renita..
Salam kenal juga :p

May 21, 2012 at 7:48 AM

 
Anonymous Anonymous said...

maaf Mba Rahma, kemaren saya nulis komentar tentang visa london tp bkn d page yg ini (klo nggak salah di page yg bergambar bus london).
saya butuh banget saran & solusi2 mengenai masalah yg sedang saya hadapi, apakah saya harus menulis ulang smuanya di page yg ini?!

terima kasih.

July 2, 2012 at 1:35 PM

 
Blogger Dndaprilia said...

halo mbak, maaf mba mau nanya yg 50 juta itu dlu atau sampai sekarang masih ya? kemarin ak dapet info dari temenku minimal rekening kok 9000 GBP ya, jadi waswas. Makasih mba

July 25, 2012 at 3:07 PM

 
Blogger Dndaprilia said...

halo mbak, maaf mba mau nanya yg 50 juta itu dlu atau sampai sekarang masih ya? kemarin ak dapet info dari temenku minimal rekening kok 9000 GBP ya, jadi waswas. Makasih mba

July 25, 2012 at 3:08 PM

 
Anonymous rahma said...

Hai Dinda,

9000 GBP? Gede banget ya. Mungkin sudah bertambah limitnya dari 50 juta, tapi saya rasa ga mungkin sampai segitu ya. Coba de mbak Dinda telp agensi yang baisa buat visa, pura2 mau bikin visa ama mereka terus nanya2. Biasanya mereka lebih tahu info terbaru.

July 27, 2012 at 1:05 PM

 
Anonymous Novayanti . said...

mbak mau tanya...
kalau untuk document asli perlu di bawa tidak pada saat pengajuan atau document copy-an saja ?
mohon informasinya ..

Terima kasih

September 3, 2012 at 12:14 PM

 
Anonymous rahma said...

hanya diminta fotokopinya aja, kecuali paspor diminta yang aslinya. Tapi saya selalu bawa yang asli, takut diperluin

September 4, 2012 at 4:43 PM

 
Anonymous Anonymous said...

Allo, mbak..
Salam kenal,,
Saya dapat tawaran jd au pair d UK. Appy visa, visa temporary workers y, mbak???
Kira2 syarat2 bikin visa tuh apa y, mbak??
Sama g y kyk visa visit pny mbak y kemaren dulu tuh??
Tolong konfirm y,,,

Thanks,,,

September 4, 2012 at 8:17 PM

 
Blogger Ching said...

Halo mba, mo nanya tgl 15 okt ini saya mau honeymoon sama calon suami ikut tour.. Kebetulan skrg saya sudah berhenti bekerja dan ga bs sediain SIUP..
Kira2 bisa ga kl calon suami yg mensponsorin saya tp saat ini kan kami blom resmi menikah baru akan menikah 14 okt jd blom ada akte nikah yg bs diserahkan..
Ada yang bilang lampirin saja kartu undangan + pernyataan kl kami akan menikah 14 okt dan sbg calon suami mensponsorin calon istri u/ perjalanana honeymoon ini..

Thanks

September 12, 2012 at 1:16 PM

 
Anonymous rahma said...

Untuk Au Pair visanya beda dengan visa turis. Tapi sejujurnya, saya nggak ngeri tentang itu. Mungkin bisa coba hubungi langsung pihak kedutaan atau agensi visa seperti yang saya sebutkan di atas.

Maaf ya ga bisa membantu

September 20, 2012 at 9:49 PM

 
Anonymous Anonymous said...

Mau nanyaaa... itu akte kelahiran, KTP, kartu keluarga harus ada transletan b.inggrisnya? terus kalo bisa pake Invitation letter dari pihak UK kan? terus kalo pergi dibiayain ortu atau sendiri, jadinya kudu punya duit brpa ditabungan? gak mesti ngasih kopian paspor ortu juga kan? (da saya mah udah 21th)..
Rencananya kalo jadi, saya mau k Manchaster januari 2013 ntar. pengennya sih mau ngurus visa secepatnya, tpi blm dpt invitation letter dari pihak di UK nya.. heu..
tlg dibales ya mbak.. thanks

November 30, 2012 at 6:19 PM

 
Anonymous rahma said...

Haii,

Semuanya bisa dalam bahasa Indonesia, kecuali invitation letternya. Kalau pergi sendiri, waktu itu sih kata agen travel butuh minimal 50 juta di tabungan.

December 1, 2012 at 10:45 PM

 
Blogger Unknown said...

Hay mbak, salam kenal ya :) boleh infonya gak? saya april ini berangkat ke London, ibu saya sudah berangkat duluan, sedangkan saya menyusul beberapa hari kemudian. Visa ibu saya diurus oleh kantor sedangkan saya harus ngurus sendiri, dan kebetulan saya masih mahasiswa. Rekening koran yg ditampilin boleh rekening koran orang tua aja kah?
Trims ya. :)

January 24, 2013 at 3:44 PM

 
Blogger rahma said...

Kalau nanti selama di sana biaya mbak ditanggung oleh ibunya, bisa pakai rekening ibu aja. Di formulir ada pertanyaan, siapa yang akan menanggung biaya. Kalau biaya ditanggung mbak sendiri, harusnya mbak juga ngelampirin bukti rekening.

Semoga membantu...

January 26, 2013 at 7:25 PM

 
Blogger Julianto Putra Kanggeyan said...

Malam mbak, mau nanya mbak, kl saya mahasiswa mau liburan ke inggris itu surat sponsor, keterangan perusahaan dan rekening gmn ya?

January 26, 2013 at 9:16 PM

 
Blogger Julianto Putra Kanggeyan said...

Saya pergi sendiri dengan biaya sendiri
Terima kasih

January 26, 2013 at 9:17 PM

 
Anonymous Anonymous said...

Hai Mba ...
saya diundang untuk presentasi penelitian Konferensi di Cambridge University dan sponsor dari Universitas asal saya. Jadi kalo seperti ini apakah saya perlu meminta surat dari Universitas ? kemudian apakah saya harus memberikan fotocopy buku rekening juga ?

Terimakasih infonya...

February 6, 2013 at 12:39 PM

 
Blogger rahma said...

Wow, keren dan hebat banget mbak diundang penelitian. Menurutku, sebaiknya memang harus meminta surat dari Universitas supaya proses lebih mudah. Plus surat undagan dari Cambridge University juga. Fotokopi rekening disiapkan saja, walau saya rasa nggak akan terlalu berpengaruh karena sudah ada surat undangan dari Cambridge.

February 8, 2013 at 12:55 PM

 
Anonymous Anonymous said...

salam kenal mba Rahma... ni Lia, dari JaTim.
To the point aja ya mba..mungkin mba Rahma bisa bagi2 info :)
InsyaAllah dalam dekat ini saya akan married dengan warga Inggris.. nah itu ntar aku butuh visa apa ya mba ? apa bener kalo saya apply for general visa? saya akan stay di Inggris cuma beberapa bulan aja, max.6 bulan gitu.
Trus masalah rekening bank.. saya kan gak ada uang sebanyak itu mba... lagian ntar di sana saya mau ngikut suami. hehe
Thanks sebelumnya ya mba Rahma.. mohon bantuannya :x

February 13, 2013 at 5:12 PM

 
Anonymous Anonymous said...

Minggu lalu tepatnya tgl 12 Feb saya sudah ke VFS, memasukan semua berkas2.. sayangnya pelaksanaan konferensinya tgl 20-22 .. saya belum pernah ke negara Eropa sebelumnya shg tidak bisa masuk dlm priority visa :( kata petugasnya biasanya dibutuhkan 3 minggu. sekarang saya harus menunggu visa, jika tidak maka saya tidak dapat mempresentasikan penelitian saya disana :( :( ...

February 18, 2013 at 6:26 PM

 
Blogger rahma said...

Semoga sukses ya...Waktu itu aku juga belum pernah ke negara Eropa kok, dan visanya harus selesai dalam waktu 3 hari. Tapi ternyata, dikabulkan. Semangat!!

February 19, 2013 at 12:00 PM

 
Blogger rahma said...

Wah, maaf. Aku kurang ngerti kalau urusan ini. Sepertinya mbak Lia harus konsultasi langsung dengan orang VFS.
Sekali lagi maaf ya..

February 19, 2013 at 12:01 PM

 
Anonymous Anonymous said...

@Mbak Rahma: Maaf mau tanya, mbak pakai fasilitas priority visa?
@Mbak merlyaclin: Bagaimana mbak, visanya bisa keluar tepat waktu Mbak?
Terima kasih

February 21, 2013 at 5:24 PM

 
Blogger rahma said...

Waktu itu belum ada fasilitas priority visa. Jadi pake jalur normal, tapi diminta bikin surat "cinta" ke kedutaan. Isi suratnya, kalau saya minta didahulukan karena harus pergi secepat mungkin, terus di surat itu juga disebutkan bahwa ini disebabkan kalau saya baru terima surat rekomendasi. Sekarang udah ada ya fasilitasnya, cuma bayarnya rada mahal, mesti tambah 950 ribu lagi

February 24, 2013 at 10:35 PM

 
Anonymous Anonymous said...

Hi, saya dengar sekarang pembuatan visanya dilempar ke Kedutaan Inggris yang di Bangkok jadi akan butuh waktu lebih lama, apa benar?? Thanks!

March 27, 2013 at 8:46 PM

 
Blogger rahma said...

Wah, saya malah baru dengar dan kayaknya nggak benar. Apalagi Indonesia punya agen khusus pembuatan visa Inggris (UK Border Agency). Untuk kejelasannya, coba mbak/mas cek di http://www.ukba.homeoffice.gov.uk/countries/indonesia/applying/?langname=Indonesian.

April 2, 2013 at 9:02 AM

 
Anonymous Anonymous said...

Mbak Rahma,
Saya juga sedang mengajukan visa UK namun butuh prioritas karena waktu yg mepet. Bisa share contoh template surat 'cinta' yang Mbak bikin gak ya? Saya sudah dapat info dari pihak VFS kalau prosedur visa prioritas hanya untuk yang sudah punya visa ke UK, Eropa, Australia dan US.
email saya dean9x at yahoodotcom.

April 15, 2013 at 12:47 PM

 
Blogger rahma said...

Surat cintanya dibikin on the spot waktu itu, pake kertas putih polos yang dikasih pihak VFS.
Intinya sih alasan kenapa kita baru mengajukan visa mepet2, dan alasan kenapa kita minta visa dipercepat. Waktu itu, alasan saya kurang lebih "karena saya baru saja mendapatkan kepastian dan surat rekomendasi", dan "karena saya harus berangkat ke Inggris tanggal..., dan menonton pertandingan tanggal...".

April 16, 2013 at 10:45 AM

 
Blogger Unknown said...

hallo mbak rahma..
mau nanya nih. kalau ke VSF itu belum ngajuin visa hanya sekedar minta informasi2 bisa gag ya? apa harus udah siap bawa dokumen2 yang disebutkan diatas? kalau cuma ingin mencari info dulu apa musti mengisi formulir online?

Thx mba rahma.
Leon

April 18, 2013 at 9:36 AM

 
Blogger rahma said...

Ralat..
Dari info di milis backpacker, ternyata benar kalau sekarang yang mengurus visa Inggris adalah kedutaan di Thailand.

April 21, 2013 at 10:18 PM

 
Blogger rahma said...

Halo Leon,
Kalau mau nanya2, mending lewat telepon aja ke call centernya VFS di 6221-51401583. Daripada bolak-balik ke sana.

Semoga berhasil!

April 21, 2013 at 10:23 PM

 
Blogger Unknown said...

selamat pagi mbak,

kalau menyertakan surat keterangan sponsor dari kampus ,apakah harus menyertakan rekening kampus juga?

April 30, 2013 at 3:31 AM

 
Blogger rahma said...

Setau saya sih enggak...tapi coba tanya ke vfs langsung ya biar lebih terpercaya infonya

May 4, 2013 at 6:41 PM

 
Blogger Unknown said...

mbak saya udah diterima internship nih di perusahaan di london tapi mereka tidak menyediakan surat sponshor?
saya rencananya menggantinya dengan surat sponsor dari kampus, apakah bisa mbak?
karena saya disuruh perusahaan memakai jasa BUNAC yang katanya mereka bisa meneluarkan sponsor tersebut

May 14, 2013 at 8:01 AM

 
Blogger rahma said...

Wah, maaf. Kalau untuk visa magang aku nggak ngerti sama sekali. Coba mas Reza konsultasi ke vfs.
Sekali kagi maaf ya

May 18, 2013 at 1:43 PM

 
Blogger Mohammad Isa Gautama said...

Halo mbak Rahma, saya sekarang sedang studi di Inggris, sejak Oktober 2012, dibiayai pemerintah untuk 3 tahun. Rencana saya mau jemput keluarga (istri + 2 anak) pada Februari 2014 nanti sekalian jemput data penelitian. Beasiswa saya tidak menanggung biaya keluarga. Pertanyaannya, berapa sebenarnya deposit yang harus saya sediakan di rekening saya untuk 3 orang dependant? Saya sudah baca website UKBA, tp saya masih bingung dengan bahasanya yang kelewat tinggi, di sana ada keterangan jumlah depositnya 450 poun perkepala dikalikan dua bulan, tp juga ada yang dikalikan 9 bulan. Mana yang benar ya? Mohon penjelasan dari pengetahuan /pengalaman mbak. Thanks, mbak

Isa Gautama

June 7, 2013 at 5:54 AM

 
Anonymous astrid said...

hi, aku mau tanya nih . kmaren aku udh ke PT.VFS ngajuin utk buat visa, tp data sya ngga lengkap .
trus saya mau ubah tanggal keberangkatan saya, kalu bgni saya harus buat data baru dan appoinment baru yaa ?

June 24, 2013 at 2:13 PM

 
Blogger rahma said...

Dear all,
Banyak sekali pertanyaan yang di luar kemampuan dan pengetahuan saya. Mohon maaf kalau saya tidak bisa menjawabnya karena hanya paham masalah visa untuk turis. Selebihnya, saya sama sekali tidak paham. Maaf sekali lagi kalau banyak pertanyaan yang tidak bisa saya jawab.

July 2, 2013 at 9:17 PM

 
Blogger Julia said...

This comment has been removed by the author.

August 17, 2013 at 1:48 AM

 
Blogger Julia said...

This comment has been removed by the author.

August 17, 2013 at 1:54 AM

 
Blogger Julia said...

This comment has been removed by the author.

August 17, 2013 at 2:08 AM

 
Blogger Unknown said...

Salam kenal mba anisa dan mba rahma
Mba anisa masih tinggal d scotland g?di daerah mana y?
Saya rencana bulan agustus ini mw k scotland,lg cari2 referensi nih:)

March 22, 2014 at 7:23 AM

 
Blogger Unknown said...

Hello Mss. Rahma, Artikel yang sangat informative. Namun ada beberapa pertanyaan tentang visa student Tire 4, sewajarnya sebagai applicant deg2an menunggu keputusan UKBA. 1) Seberapa besar pengaruh interview pada keputusan?, karena salah satu jawaban saya pada intrvw :”those things are good to add for my CV & job prospect” takut sensitive pada kata”jobs”. hehe.. 2) Bank reference letter saya msh tertuju pd Univ. sebelumnya/ salah alamat, itu trouble atau tidak? 3) Apakah student visa lebih mudah didapat?
Thank’s for ur respond :)

August 7, 2014 at 8:40 PM

 
Anonymous Abah Comat said...

terima kasih atas informasinya sangat membantu

September 9, 2014 at 5:30 PM

 
Blogger Aninditya Ayunda said...

Hi Mba Rahma, saya mau tanya nih :)

1. Rencana mau mengajukan Tourist Visa ke UK dan di sponsori oleh pihak orang tua calon saya disana, apakah untuk invitation letter harus disertakan yang asli?
2. Ketika saat apply qta akan harus ngisi tanggal keberangkatan dan tanggal kapan qta kembali ke indonesia, apabila qta untuk tanggal kepulangan mundur katakan 1 bulan dari tanggal yang sudah qta ajukan dan posisi visa sudah ada d tangan qta..apakah akan ada efek qta didepannya?

Thanx mba' rahma :)
Semoga membantu..

April 25, 2015 at 9:28 AM

 
Anonymous Anonymous said...

hi mba mau tanya kalo buat visa dengan penjamin teman warga uk apa saja yang harus temen aku kirim ke aku. dan masih butuh uang 50juta direkening jugakah?
dan perlu lampirin tabungan ortu juga ga? atau boleh minta kontak mba ?
thankyou ;)

August 12, 2015 at 4:53 PM

 
Blogger indah cullen said...

Halo mba.. rencna nya saya mau mengurus visa uk.. touris visa.. jalan2 ksna 2 ato 3 mingguan sekalian mau ngunjungi suami (wn.inggris) kami blum bisa mengajukan spouse visa karena suami lg ngmpulin slip gaji utk 6 bln k depan..(krna sblumnya gaji suami dibayar cash,n di byar per minggu, n suami sndri yg masukin k rekening.nah,skrg krna ada case kyk gtu dy udh mnta k bos nya agar salary ny d kirim lgsung k rekening,supaaya jlas pendpatan setahun brp) nah,karna hrus nggu 6 bln k depan itu agak lama, jd rencna saya mau ksna pake touris visa hanya utk bbrpa minggu,menjelang suami siap mwngajukan spouse visa) nah, pertanyaan saya apa saya harus punya tabungan sekian juta jg utk ngajukan bisa uk? Krna rencananya suami saya yg mensponsori semua prjalanan saya.. atau saya bisa memberikan rekening suami saja?? Sya bingung sekali. Mohon pencerahannya. Email saya indahbyduri@gmail.com

December 27, 2016 at 5:28 PM

 
Blogger rima said...

Hello Dwi,
Mau nanya ni, apa kmu jadi au pair ke london ? Jadi pake visa apa ? Soalny ak jg mau au pair kesana, tpi masih dalam hiring proses dn host fam jg masih nyari2 info terkait visa dsb. Bisa share pengalamanya kah ?

Ak butuhb encerahan ni,
Pls add +6283833340406

July 7, 2019 at 6:15 AM

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home