BLOG TERBARU SAYA ADA DI WWW.JILBABBACKPACKER.COM

Wednesday, December 29, 2010

Hey, I'm Not Malaysian

Ini bukan tulisan soal pertandingan Timnas Indonesia versus Malaysian. Bukan juga tulisan soal kecurangan Malaysia. Bukan sama sekali.. Gue hanya ingin cerita soal nasib gue, yang selalu disangka warga negeri jiran itu. Di mana pun berada, entah kenapa sebabnya.

Di Hongkong, selain disangka TKW, gue juga sempet disangka orang Malaysia oleh turis Malaysia yang jalan bareng gue di Museum Madam Tussaud. Sebelum dia tahu gue orang Indonesia, dia dengan ceriwisnya ngajak gue ngomong pake bahasa Melayu.

Di Turki, gue juga dituduh hal serupa. Padahal gue udah jelas-jelas bilang gue dari INDONESIA, tuh orang masih maksa juga kalau gue orang Malaysia. Dia bilang: Malaysia, Indonesia...same. Uhhh...jelas-jelas beda!!

Di Kamboja, tiket bus gue ditulis: Malaysian. Padahal sebelumnya gue udah wanti-wanti ke mbaknya, gue Indonesia, bukan Malaysia. Si mbak-mbak udah menangguk tanda mengerti, tapi ternyata di tiket tetep tertulis kebangsaan gue Malaysia.

Di Malaysia sendiri, gue tetep dikira orang Malaysia. Gue sering banget ketemu ama turis yang nanya arah jalan ke gue. Hahaha...gue aja masih nyasar Mas. Tapi gue maklum, mereka kan ga bisa bedain mana orang Malay mana yang bukan. Yang bikin gue heran, orang Malaysia sendiri sering mengira gue sebangsa dengan mereka. (Kok ya ga bisa bedain bangsa sendiri). Pernah, waktu gue lagi jalan di KL Central, gue ketemu ibu-ibu (yang jelas-jelas orang Malaysia) yang nanya dimana letak parking kereta. Padahal jelas-jelas gue lagi bingung nyari dimana LRT Kelana Jaya berada.

Di Petrosains KLCC, mas-mas penjaganya menjelaskan peraturan ke gue pake bahasa Melayu yang cepet banget. Padahal orang di Indonesia di depan gue dijelasinnya pake bahasa Inggris. Setelah gue melongo tanda nggak ngerti, baru dia bilang "Oh, you tak cakap Melayu ya?"

Yang lebih parah, di negara gue sendiri, gue tetep disangka orang Malaysia. Di Bali, pedagang-pedagang sovenir selalu teriak "One ringgit, one ringgit, Miss.Cheap lah.." Pernah juga, gue lagi duduk di pantai kuta bareng temen gue, tiba-tiba ada sekelompok anak ABG dari Jawa Tengah nyamperin kita dan nanya "I'm sorry, do you speak English?" Oh My God !!

Mungkin besok-besok, gue mesti pake baju merah putih kali ya. Ato gue tempelin stiker: "Hey, I'm Indonesian. Not Malaysian!!"

Labels:

8 Comments:

Anonymous Anonymous said...

senasib aq selalu dikira chinese krn mataku sipit pipi rada tembem.kita tempel bendera merah putih yok mbak spy jadi indonesia

December 28, 2010 at 4:11 PM

 
Blogger Adie Riyanto said...

hahahaha lucu, sepertinya sudah expert traveller hehehe. salam kenal ya ;=)

December 30, 2010 at 7:02 PM

 
Anonymous rahma said...

salam kenal juga, adie.
expert traveller? Wah, masih jauh tuh...baru berhasil ke beberapa tempat aja kok.

January 9, 2011 at 3:51 PM

 
Anonymous rahma said...

@anonim: hahaha...nasibmu sama seperti temen jalanku tuh. Karena matanya sipit, sering diajak ngomong bhs mandarin. Muka kita kudu distempel "Made in Indonesia" kali ya..

January 9, 2011 at 3:53 PM

 
Blogger ahmadfauzi said...

enak kali ya bisa sering jalan-jalan,ketemu dengan tempat, wajah, suasana dan segala sesuatu yang baru dan berbeda. Ada banyak pengalaman yang bisa dijadikan bahan dalam banyak hal pula. salam kenal.

February 24, 2011 at 12:49 AM

 
Anonymous rahma said...

salam kenal juga mas fauzi,
Betul. Dengan jalan2 ke berbagai tempat, kita bukan hanya bisa ngeliat tempat-tempat indah. Tapi juga banyak pengalaman, yang nggak akan dilupain. Uang abis buat jalan2? Bisa dicari lagi, tapi pengalaman yg didapet akan jauh lebih berharga dibanding uang itu sendiri. Bener kan Mas? (hehe..filosofis banget ya gue...)

February 25, 2011 at 2:15 PM

 
Anonymous Anonymous said...

assalamualaikum, aku iri bngt ama mbak...
enak bisa jalan2 puter2 dunia...
ya apa mbak biar bisa jalan2 kyk gitu??
aku jg pingin mbak....

March 14, 2011 at 11:25 AM

 
Anonymous rahma said...

alaikum salam wr wb,
rahasianya apa ya? hehehe...ga ada rahasia2an.
yang penting nekat dan berani. Saranku, kalau mau mulai ke luar, pertama2 pilih tempat yang deket2 dulu dan gampang, misalnya singapura. Cari temen kalau ga berani sendirian. Selanjutnya baru de ke tempat yang lebih jauh, lebih jauh lagi, dan lebih jauuh.
Sering2 juga buka web airasia, dan ikutan milis2 backpacker buat dapetin info2 dan tip2.

Met jalan2 ya...

March 14, 2011 at 6:06 PM

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home